Jumat, 28 Juli 2017

Beberapa Makna KUJANG

💚 Beberapa Makna KUJANG 💙
By. Ki Sundara



1. KUJANG = KUnci JANG diri.
,,, diri jasmani (ngajisim), diri ruhani (ngajirim), sampurna diri (ngajinis) ,,, sehingga ma'rifatlah kepada jati dirinya, yang berkelanjutan kepada mengenal jati diri bangsa INDONESIA - INSOEN DIA - INI SOENDA - DIN NOE SIA - ADIN NOE SI (SI; Sunda Islam) - ADIN NOE IS (Islam Sunda), dll. Dengan memahami dan Pancasila.

2. KUJANG = KUkuh kana JANGji. Jangji ka DIRi, ka RAsul sareng ka Allah. Jangji kaNAGAra (ProklamaSI).
,,, Sama dengan sifatnya para nABI & RAsul, sifat SIDIK (benar, jujur, jelas) yang bertolak belakang dengan MUNAFIK (ciri munafik; apabila berbicara dusta, bila dipercaya khianat dan apabila berjanji orang munafik ini ingkar. Orang yang memahami KuJang moal munapik tapi bakal ka ala buahna kapetik hasilna (mun apik).

3. KUJANG = KUkuh kana piweJANG.
,,, piweJANG sepuh (saur sepuh; UUD 1945 dengan PASal & BUtirnya), yang jadi puncak piweJANG nyatanya Al-quR'An NUR karIM, dengan petunjuk dari Al-quR'An inilah maka kehidupan NUR (jannah) bisa didiRIkan lagi sesuai perulangan sejaRAH. Yang di SUMPUT BUNIkeun DINu CAANG (INDONESIA).

4. KUJANG = KUdu ku JAwa hiyaNG.
,,, JAwa hyaNG adalah sebuah pusat perADABan (PERtiwi ADA di BANdung). Tempat pusat manusia pemikir ulung - luhung - agung. Sebagai puseur bUMI. (JAWA; Jauhar AWAl & JAWhar Akhir) ,,, di JAwa hiyaNG inilah awal peradaban dan disini pulalah akhir peradaban diakhiRI.

5. KUJANG = KUdu ku uJANG.
,,, uJANG adalah sibul dari MANusia yang memahami dan mempraktekan ILMU bapa & indung. ILMU bapak (ISLAM) dengan sastra 30 kaLAM, ILMU indung (SUNDA) dengan sastra 18 aLAM ,,, uJANG adalah yang mendasaRI (sastra jendra rahayu ningrat pangruwating diyu jaya diningratu) dengan 15 LAMpah, sehingga 'kaapah' lah toTALItas.

6. KUJANG = KUnu JANGjangan. (BuRung GARUDA)
,,, jangJANG adalah simbul dari sayap yang bisa membuat manuk/burung bisa terBANK menjulang tinggi ke atas juga bisa menukik ke bawah.  Dengan JANGjang inilah maka manusia bisa  menembus langit-langit dari mulai labgit ke 1 sampai ke 7 dengan izin Allah sampai juga di ARASY yang ke 8.
Ini sama dengan hadits "asholatu mi'rojul mu'minin" - "sholat adalah mi'rajnya orang yang ber_i_man. Mi'raj adalah alat canggih, maka namanyapun adalah shALAT (sahALAT), terBANK nya bukan di JIBTI tapi ilmiAH ,,, ka sari ka uji ka bukti ku diri dugi ku nagaRI.

7. KUJANG = KUdu bisa nganJANG ka 603 Dimensi.
,,, dengan kesempurnaan yang dititipkan Allah kepada MANusia maka manuSIA bisa melintasi 603 Dimensi yang bisa meLEBIHi kekuatan Dimensi MalaIKAT. Dimana sebagai KUNciNya disimpan di "Antal maut qoblal maut ,,, inna lillaHI wa inna illaiHI

8. KUJANG = KUnci JAgat nu NGaangliputi. (RahMATAn lil 'alamin).
,,, pada tingkat ini bukan hanya memahami DIRi + BANKsa + nagaRA namun sudah sampai pada tingkat keSEMESTAan - SEMEStiNYA.

,,,,, 5 lagi makna KuJang nanti akan di bahas pada waktu dan tempat yang tepat.

Warna KuJang dan Keris yang berwarna meRAH - putIH.
Sejatinya Merah itu melambangkan Api dengan simbol Kujang yang berbentuk lidah api. Putih itu melambangkan Air dengan simbol Keris yang berbentuk gelombang air.

Konsep NagaRa (Naga = air, Ra = matahari / api) yang diberi nama NusantaRa (Nusa = pulau, Ra = matahari / api) mengandung pengertian secara luasnya adalah kehidupan yang ditopang oleh Air sebagai landasan / sumber hidupnya dan dinaungi oleh Cahaya (matahari) sebagai payung kesejahteraannya sekaligus sebagai perwujudan RAsa
syukur atas berkah dan perlindungan yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa.
Dengan kata lain Nusantara = Negeri yang subur.
Dengan kata lain Nusantara = Negeri yang kaya ( Tanah Emas ).
Dengan kata lain Nusantara = Negeri yang diberkaHI.

SELaMAT menikMATI hIDup dan keHIdupan dalam keBAHAGIAan NuN ABADi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NOMOR 2

Nomor Dua Oleh: Dahlan Iskan Kamis 15-02-2024,04:37 WIB SAYA percaya dengan penilaian Prof Dr Jimly Assiddiqie: pencalonan Gibran sebagai wa...