Senin, 06 November 2017

Wisata Alam "Geopark Ciletuh"





Kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu juga meliputi Kawasan Cagar Alam Cibanteng, Tangkubanparahu, Sukawayana; Kawasan Suaka Margasatwa Cikepuh; dan Taman Wisata Alam Sukawayana, dikelola Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam Jawa Barat; kawasan latihan terpadu militer dikelola KOSTRAD; Kawasan konservasi Penyu di Pangumbahan; dan kawasan latihan angkatan udara di Tanjung Ujunggenteng; kawasan budidaya tambak udang di Mandrajaya dan Ujunggenteng serta kampung batik di Purwasedar (Rosana, dkk., 2015).
Geoarea Ciletuh memiliki bentang alam berupa dataran tinggi yang berbentuk tapal kuda (amphiteater) yang terbuka ke arah Teluk Ciletuh (Martodjojo, 1984). Bentuk amfiteater ini memiliki diameter lebih dari15 km, sehingga di yakini sebagai bentuk amfiteater alam terbesar di Indonesia. Di bagian tengah amfiteater terdapat sebaran batuan tertua di Jawa barat yang berupa batuan bancuh dan ofiolit hasil pengendapan dari aktivitas tumbukan antara kerak samudera dan kerak benua pada Zaman Kapur, lebih dari 65 juta tahun lalu.
Batuan melange dan ofiolit terdiri atas peridotit, gabro dan lava basal; batuan metamorfik berupa sekis hijau, serpentinit dan amfibolit; serta batuan sedimen berupa batupasir kuarsa-konglomeratik (Formasi Ciletuh). Batuan tersebut merupakan batuan tertua yang tersingkap kepermukaan di Jawa Barat yang terbentuk (terendapkan) di palung laut dalam. (sumber : http://ciletuhpalabuhanratugeopark.org)


Obyek wisata baru yang sedang naik daun, karena pemandangan alamnya yang memukau, kombinasi antara laut dan darat. Sehingga disebut Geopark (Taman Bumi). Jarak tempuh dari Kota Bandung sampai lokasi utamanya pantai Plampangan sekitar 200 km. Rute tersebut melalui jalur Kota, Cimahi - Cianjur - Sukabumi. Waktu tempuh dengan berkendaraan roda 2 (motor) sekitar 6 jam. Infrastruktur jalan sudah lumayan bagus, terutama masuk daerah Ciemas, jalan Hotmix dengan kondisi kelak kelok, hanya agak sempit. Untuk kendaraan roda 4 harus extra hati-hati.
Begitu masuk pantai Plampangan langsung disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Hamparan pantai yang landai karena berbentuk 2/3 bulatan. dengan ombak yang relatif kecil. Di kanan kiri pantai dan depan pantai pemandangan alam berupa perbukitan yang kelihatan hijau dan menyembul bebatuan kokoh dari rerimbunan tanaman khas tebing. Di bebrapa titik terlihat jelas air terjun membelah dinding tebing, kelihatan putih mempesona.

Suasana alam pedesaan sangat kental sekali, dengan bangunan rumah penduduk yang tidak terlalu mencolok, disekelilingnya ada hamparan sawah dan ladang. Dilihat dari atas tebing sungguh suasana yang tiada duanya di daerah lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NOMOR 2

Nomor Dua Oleh: Dahlan Iskan Kamis 15-02-2024,04:37 WIB SAYA percaya dengan penilaian Prof Dr Jimly Assiddiqie: pencalonan Gibran sebagai wa...