Rabu, 04 November 2020

Dalang Kondang Ki Seno Nugroho Meninggal Dunia

 CNN Indonesia | Rabu, 04/11/2020 06:48 WIB

Dalang wayang kulit kondang asal Yogyakarta, Ki Seno Nugroho, dilaporkan meninggal dunia pada Selasa (3/11). Dalang wayang kulit kondang asal Yogyakarta, Ki Seno Nugroho, dilaporkan meninggal dunia pada Selasa (3/11). (Dok. Ki Seno Nugroho via detik.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dalang wayang kulit kondang asal Yogyakarta, Ki Seno Nugroho, dilaporkan meninggal dunia pada Selasa (3/11).

Kabar ini pertama kali tersebar di grup percakapan kalangan seniman Yogyakarta dan Solo. Setelah itu, akun Instagram resmi Cak Nun dan Gamelan Kiai Kanjeng mengonfirmasi kabar tersebut.

 

"Selamat jalan, Dalang Ki Seno Nugroho. 3 November 2020, 20.00 WIB, Yogyakarta," demikian keterangan dalam unggahan foto Ki Seno Nugroho tersebut.

Tak lama setelah itu, seniman Sujiwo Tejo pun mengucapkan belasungkawa melalui akun Twitter resminya.

"Sugeng tindak Ki Seno Nugroho .. Sampai jumpa.. #utangRasa," tulis Sujiwo Tejo sembari mengunggah foto penampilan Ki Seno Nugroho.

 

Sujiwo kemudian mengenang saat terakhir kali ia bertandang ke rumah Ki Seno di Sedayu, Yogyakarta, pada Juli lalu.

"Aku enggak bisa tegur sapa karena kau sudah start mendalang Wayang Climen. Pulang duluan karena ada kerjaan, gak bisa pamit .. Aku pikir toh kita masih akan ketemu lagi di dunia.." tulis Sujiwo.

Hingga saat ini, belum diketahui penyebab kematian Ki Seno Nugroho.

Ia merupakan dalang muda asal Yogyakarta yang disebut-sebut sebagai salah satu pembawa gaya baru dalam pedalangan.

Lahir pada 23 Agustus 1972, Ki Seno Nugroho tumbuh di lingkungan keluarga seniman. Ayahnya, Ki Suparman Cermowiyoto, juga merupakan dalang kenamaan Yogyakarta.

(has)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NOMOR 2

Nomor Dua Oleh: Dahlan Iskan Kamis 15-02-2024,04:37 WIB SAYA percaya dengan penilaian Prof Dr Jimly Assiddiqie: pencalonan Gibran sebagai wa...