Kamis, 09 Agustus 2012

Sekelumit dalam Pulsar 135 LS

Barangkali berkah bagi produsen kendaraan bermotor di indonesia umumnya atau khususnya di kota Bandung adalah karena tidak tersedianya sistem transportasi masal yang konferehanship. Tidak adanya tata kelola perumahan yang terintegrasi dengan sistem transportasi menyebabkan penduduk kelabakan tatkala harus keluar rumah untuk tujuan kerja maupun keperluan lain misal mengantar anak ke sekolah. Tiada pilihan lain kecuali harus memiliki kendaraan pribadi baik itu roda 2 (motor) ataupun roda 4 (mobil).
Begitupula halnya dengan yang saya alami. Tempat tinggal yang terletak di pinggiran kota, sungguh sangat sulit anak pergi sekolah ke kota dengan menggunakan kendaraan umum. Disamping waktu yang panjang maka ongkosnya juga lumayan mahal karena harus gonta-ganti angkot & bahkan ojeg.
Pilihan akhirnya, harus membeli motor untuk keperluan tersebut. Jaman sekarang produk motor sungguh sangat melimpah, penjualan kendaraan roda 2 ini bak kacang goreng, saking banyaknya permintaan di negeri ini. Mulai yang produk Jepang dengan berbagai merk, maupun produk eropa & bahkan yang baru mencoba peruntungan dari pabrikan India. Singkat cerita, saya akhirnya pingin mencoba yang berbeda, produk Jepang hampir semua merk sudah pernah pakai. Produk Eropa juga pernah walaupun hanya scooter/vespa. Yang belum pernah ya produk India dengan merk Bajaj. Dan pilihan jatuh pada “Pulsar 135 LS” Inilah Spseifikasi-nya : MESIN Type 4 Tak, Pendingin Udara DTS-i (Hak Paten Bajaj) 4 Katup (Pertama di Dunia : 4 Katup DTS-i) SOHC Volume Langkah 134.66 cc Perbandingan Kompresi 9.8 : 1 Tenaga Maksimal 13.5 HP @ 9000 rpm Torsi Maksimal 11.4 Nm @ 7500 rpm Starter Kick + Electric Starter, SUSPENSI Depan Teleskopik dengan pelapis anti-gesek (Stroke 130) Belakang NitroX, BAN Depan 2.75 x 17.41 P Belakang : 100/90 x 17.55 P, REM Depan 240 mm Cakram Belakang : 130 mm Tromol, TANGKI Kapasitas 8 Liter Reserve, Useable : 2.5 Liter, 1.6 Liter, ELEKTRIK Aki : 12 V Full DC Lampu Depan : 35/35 W dengan 2 Lampu Pilot, DIMENSI Panjang : 1995 mm Lebar : 765 mm Tinggi : 1045 mm Jarak Sumbu Roda : 1325 mm Jarak Terendah ke Tanah : 170 mm Berat Kosong : 122 Kg, FITUR ISTIMEWA Auto Choke : Ya ExhausTEC : Ya Stang Jepit : Ya Speedometer : Digital Tachometer : Tipe Digital dengan Tampilan Analog Indikator Bensin : Digital Tripmeter : Digital, GARANSI 3 Tahun Atau 36000 Km ** Kalo ini motornya :
Pengalaman setelah 2 bulan menggunakan Pulsar, tidak jauh beda dengan motor sekelas yang pabrikan Jepang, baik tongkrongannya maupun akselerasinya. Bahkan produk India ini mempunyai nilai tambah pada harga yang lebih murah. Pulsar dengan teknologi terbaru temuan sendiri “India” yaitu DTSI bisa dikatakan sebuah kebanggan nasionalisme. Kapan Indonesia bisa berbuat banyak ya……..? sekedar untuk mengikutinya saja kelihatannya sulit, apalagi mememukan inovasi teknologi terbaru………………? Tapi denger-denger ada lho nanti produk Indonesia asli yang akan mengejutkan dunia. Ngga percaya………? Tunggu aja…….., halah koq malah ngelantur ya. Kembali ke “Pulsar 135 LS” tapi apa yang mau diceritakan? Lha wong udah banyak yang cerita di milis/ blog sebelah baik yang suka maupun yang tidak suka, tinggal baca aja kan. Tapi yang jelas, saya salut sama India-nya, sama orng-orangnya, sama tokoh-tokoh pahlawan-nya sama semangat kemandirian-nya. Kapan hal tersebut bisa terwujud di bumi pertiwi Nusantara ini………? (ASTo'0812)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NOMOR 2

Nomor Dua Oleh: Dahlan Iskan Kamis 15-02-2024,04:37 WIB SAYA percaya dengan penilaian Prof Dr Jimly Assiddiqie: pencalonan Gibran sebagai wa...