Barangkali berkah bagi produsen kendaraan bermotor di indonesia umumnya atau khususnya di kota Bandung adalah karena tidak tersedianya sistem transportasi masal yang konferehanship. Tidak adanya tata kelola perumahan yang terintegrasi dengan sistem transportasi menyebabkan penduduk kelabakan tatkala harus keluar rumah untuk tujuan kerja maupun keperluan lain misal mengantar anak ke sekolah. Tiada pilihan lain kecuali harus memiliki kendaraan pribadi baik itu roda 2 (motor) ataupun roda 4 (mobil).
Begitupula halnya dengan yang saya alami. Tempat tinggal yang terletak di pinggiran kota, sungguh sangat sulit anak pergi sekolah ke kota dengan menggunakan kendaraan umum. Disamping waktu yang panjang maka ongkosnya juga lumayan mahal karena harus gonta-ganti angkot & bahkan ojeg.
Pilihan akhirnya, harus membeli motor untuk keperluan tersebut. Jaman sekarang produk motor sungguh sangat melimpah, penjualan kendaraan roda 2 ini bak kacang goreng, saking banyaknya permintaan di negeri ini. Mulai yang produk Jepang dengan berbagai merk, maupun produk eropa & bahkan yang baru mencoba peruntungan dari pabrikan India.
Singkat cerita, saya akhirnya pingin mencoba yang berbeda, produk Jepang hampir semua merk sudah pernah pakai. Produk Eropa juga pernah walaupun hanya scooter/vespa. Yang belum pernah ya produk India dengan merk Bajaj. Dan pilihan jatuh pada “Pulsar 135 LS”
Inilah Spseifikasi-nya :
MESIN
Type 4 Tak, Pendingin Udara
DTS-i (Hak Paten Bajaj)
4 Katup (Pertama di Dunia : 4 Katup DTS-i)
SOHC
Volume Langkah 134.66 cc
Perbandingan Kompresi 9.8 : 1
Tenaga Maksimal 13.5 HP @ 9000 rpm
Torsi Maksimal 11.4 Nm @ 7500 rpm
Starter Kick + Electric Starter,
SUSPENSI
Depan Teleskopik dengan pelapis anti-gesek (Stroke 130)
Belakang NitroX,
BAN
Depan 2.75 x 17.41 P
Belakang : 100/90 x 17.55 P,
REM
Depan 240 mm Cakram
Belakang : 130 mm Tromol,
TANGKI
Kapasitas 8 Liter
Reserve, Useable : 2.5 Liter, 1.6 Liter,
ELEKTRIK
Aki : 12 V Full DC
Lampu Depan : 35/35 W dengan 2 Lampu Pilot,
DIMENSI
Panjang : 1995 mm
Lebar : 765 mm
Tinggi : 1045 mm
Jarak Sumbu Roda : 1325 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 170 mm
Berat Kosong : 122 Kg,
FITUR ISTIMEWA
Auto Choke : Ya
ExhausTEC : Ya
Stang Jepit : Ya
Speedometer : Digital
Tachometer : Tipe Digital dengan Tampilan Analog
Indikator Bensin : Digital
Tripmeter : Digital,
GARANSI
3 Tahun Atau 36000 Km **
Kalo ini motornya :
Pengalaman setelah 2 bulan menggunakan Pulsar, tidak jauh beda dengan motor sekelas yang pabrikan Jepang, baik tongkrongannya maupun akselerasinya. Bahkan produk India ini mempunyai nilai tambah pada harga yang lebih murah. Pulsar dengan teknologi terbaru temuan sendiri “India” yaitu DTSI bisa dikatakan sebuah kebanggan nasionalisme.
Kapan Indonesia bisa berbuat banyak ya……..? sekedar untuk mengikutinya saja kelihatannya sulit, apalagi mememukan inovasi teknologi terbaru………………? Tapi denger-denger ada lho nanti produk Indonesia asli yang akan mengejutkan dunia. Ngga percaya………? Tunggu aja…….., halah koq malah ngelantur ya.
Kembali ke “Pulsar 135 LS” tapi apa yang mau diceritakan? Lha wong udah banyak yang cerita di milis/ blog sebelah baik yang suka maupun yang tidak suka, tinggal baca aja kan.
Tapi yang jelas, saya salut sama India-nya, sama orng-orangnya, sama tokoh-tokoh pahlawan-nya sama semangat kemandirian-nya.
Kapan hal tersebut bisa terwujud di bumi pertiwi Nusantara ini………? (ASTo'0812)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
NOMOR 2
Nomor Dua Oleh: Dahlan Iskan Kamis 15-02-2024,04:37 WIB SAYA percaya dengan penilaian Prof Dr Jimly Assiddiqie: pencalonan Gibran sebagai wa...
-
Tokoh pemimpin yang amat sangat Religius sampai sampai digambarkan bagaikan seorang Resi Begawan (PINANDITO) dan akan senantiasa bert...
-
☼ MENUJU CAHAYA ALLAH (NUR ILLAHI) Apakah sesungguhnya cahaya Allah itu ? Perlu dipahami bahwa jika sinar matahari itu terdiri dari ...
-
18 Agustus 2017, wanci 14:30 perjalanan itu Saya lakukan. Bandung - Semarang dengan mengendarai motor Bajaj Pulsar 135. Jalur tengah Band...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar