Senin, 14 April 2014

Ngga Banyak Berharap




Menurut pendapat Anda, bagaimana caranya supaya kita tidak kecewa? Kalau Anda punya teknik jitu biar tidak kecewa, keren banget tuch. Soalnya, banyak hal yang bisa membuat kita kecewa.

Sesuatu yang mengecewakan kan bisa terjadi dimana saja. Di rumah. Di kantor. Di jalan. Di tempat liburan sekalipun. Tak jarang terjadi hal yang mengecewakan.

Sesuatu yang mengecewakan juga bisa dilakukan oleh siapa saja. Kecewa karena atasan, teman, orang tua, saudara, pelanggan, produsen. Bahkan kecewa pada pasangan hidup sekalipun.

Menurut pendapat Anda, gimana caranya supaya hati kita tidak terlalu kecewa? Kalau saya, memilih untuk 'nggak terlalu berharap'. Tidak berarti saya nggak ngarep. Tapi nggak telalu ngarep aja.

Kebayang kan kalau kita sudah mupeng, alias muka pengen. Eh, ternyata orang yang kita harepin memenuhi apa yang kita kepengen itu nggak seperti yang kita harapkan. Apa nggak kecewa tuch?

Kalau kita nggak terlalu berharap, malah nyantai aja rasanya. Kalau ternyata kita dapat, alhamdulillah banget. Kalau nggak, ya sudahlah. Toh kita juga nggak ngarep-ngarep amat.

Kalau kepada atasan Anda terlalu ngarep, bisa jadi Anda kecewa karena dia tidak memberi seperti yang Anda inginkan.

Kalau pada anak buah kita terlalu ngarep, kita juga bisa jadi bakal kecewa karena dia tidak berperilaku seperti yang kita inginkan.

Kepada siapa lagi kita perlu nggak terlelau berharap? Ya kepada siapa saja yang berinteraksi dengan kita. Karena, orang lain tidak dijamin selalu mengerti perasaan kita. Dan orang lain, belum tentu rela memenuhi harapan-harapan kita.

Memang sih, kadang yang kita harapkan juga kan sebenarnya kewajiban mereka. Tapi, siapa yang jamin orang lain rela menjalankan kewajibannya kan? Apalagi dijaman hedonis seperti sekarang. Kalau nggak ada duwitnya, kewajiban pun tega ditinggalkan.

Anda bisa memberi uang pun belum tentu orang lain mau memenuhi harapan Anda. Jika uang yang Anda berikan tidak bisa memenuhi harapannya? Atau jika dia menuntut uang yang lebih banyak dari yang bisa Anda berikan?

Kejadian seperti ini lumrah terjadi di kantor atau pun di rumah. Dimana saja.
Kita bisa kecewa jika terlalu banyak berharap kepadanya.

Jadi, biar tidak kecewa; kita perlu belajar untuk 'nggak terlalu banyak berharap.


Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman   
Author, Trainer, and Public Speaker

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NOMOR 2

Nomor Dua Oleh: Dahlan Iskan Kamis 15-02-2024,04:37 WIB SAYA percaya dengan penilaian Prof Dr Jimly Assiddiqie: pencalonan Gibran sebagai wa...