Rabu, 19 Juli 2017

MERDEKA

"Merdeka"
By : Kang SundaRa

Apakah kita ini sudah MERDEKA?

Kata " Merdeka " selalu dikaitkan dengan kata keBEBASan, lepas dari belengu atau ikatan dan disamakan dengan kata "Freedom" dalam bahasa Inggris. Akibatnya banyak kesalah pahaman terjadi atas nama kemerdekaan itu sendiri.

Kemerdekaan yang senantiasa disamakan dengan kata keBEBASan seolah menjadi tanpa batas, menjadi "segala boleh" ,,, "apa pun boleh" atau "kebablasan". Sehingga seperti terlihat "tanpa aturan" atau "bebas dari aturan" dsb.

Kata 'Merdeka' sesungguhnya mengandung makna yang memiliki nilai-nilai luhur yang sangat jauh dari makna kebebasan itu sendiri.

Merdeka diambil dari bahasa sansekerta "Mahardhika" yang berarti sesuatu yang berkenaan dengan keILMUan, keBIJAKsanaan, keJUJURan, keCERDASan, keADILan dan keSEJAHTERAan = Manusia berBudi pekerti Luhur = hal ikhwal keBANGSAan, keNEGARAwanan.

Mahardhika merupakan sebuah istilah untuk mewakili suatu tatanan perADABan yang berlandasan pada keILMUan dan kebijaksanaan yang tinggi, budi dan akhlak yang luhur dan dipimpin oleh manusia yang sangat paham akan kebangsaan dan kenegaraan.

Apakah kita sekarang sudah Mahardhika (Merdeka)? ,,, ,, ,

Hayu urang salampeur deui anu diteundeun dihanDEULEUm sieum ,,, Hayu urang BARUka deui nu ditunda dihanjuang siANG.
Geura mapag wayah geura niti wancu, deukeutan jeung nu nyumput buni dinu caANG.

😍 sALAM - RAHayu 😍

SELaMAT menikMATI hIDup dan keHIdupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NOMOR 2

Nomor Dua Oleh: Dahlan Iskan Kamis 15-02-2024,04:37 WIB SAYA percaya dengan penilaian Prof Dr Jimly Assiddiqie: pencalonan Gibran sebagai wa...